Apa itu BPOM?

Apa itu BPOM?

Zaman sekarang banyaknya pelaku usaha UMKM yang menjual makanan dan minuman, maka dari itu hal yang harus diperhatikan sebelum menjual makanan/ minumannya yaitu harus sudah memiliki izin edar dari BPOM.

Apa itu BPOM?

Lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan yang biasa kita kenal dengan disingkat BPOM. Lembaga ini memiliki tugas yaitu untuk mengawasi seluruh peredaran obat-obatan, makanan, dan Minuman yang ada di seluruh wilayah Indonesia.Tujuannya agar semua makanan yang dikonsumsi aman, tidak berbahaya bagi konsumen, dan tidak merugikan pihak konsumen.

Tugas BPOM adalah

Berdasarkan pasal 2 pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan:

1. BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Obat dan Makanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Fungsi Utama dari BPOM adalah

Berdasarkan pasal 3 pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan, BPOM mempunyai fungsi:

Dalam melaksanakan tugas pengawasan Obat dan Makanan, BPOM menyelenggarakan fungsi :

1. Penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan Obat dan Makanan.

2. Pelaksanaan kebijakan nasional di bidang pengawasan Obat dan Makanan.

3. Penyusunan dan penetapan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang Pengawasan Sebelum Beredar dan Pengawasan Selama Beredar.

4. Pelaksanaan Pengawasan Sebelum Beredar dan Pengawasan Selama Beredar.

5. Koordinasi pelaksanaan pengawasan Obat dan Makanan dengan instansi pemerintah pusat dan daerah.

6. Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengawasan Obat dan Makanan.

7. Pelaksanaan penindakan terhadap pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan Obat dan Makanan.

8. Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan BPOM.

9. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab BPOM.

10. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan BPOM.

11. Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan BPOM.

Pengawasan Sebelum Beredar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah pengawasan Obat dan Makanan sebelum beredar sebagai tindakan pencegahan untuk menjamin Obat dan Makanan yang beredar memenuhi standar dan persyaratan keamanan, khasiat/manfaat, dan mutu produk yang ditetapkan.

Pengawasan Selama Beredar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah pengawasan Obat dan Makanan selama beredar untuk memastikan Obat dan Makanan yang beredar memenuhi standar dan persyaratan keamanan, khasiat/ manfaat, dan mutu produk yang ditetapkan serta tindakan penegakan hukum.

Mari kita bahas apa perbedaan izin BPOM dengan izin lainnya:

jika kita perhatikan label dengan kode SP, MD, atau ML pada produk-produk makanan yang diikuti dengan barcode memiliki arti nya tersendiri, yuk kita bahas.

Misalnya, kode SP untuk Sertifikasi Penyuluhan merupakan nomor pendaftaran yang diberikan pada pengusaha kecil dengan modal terbatas dan belum dapat mengajukan P-IRT. Pendaftaran kode ini dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten setempat.

Ada pula P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga) yang juga dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten kepada industri pangan skala usaha kecil dan menengah. P-IRT ini bisa menjadi jaminan bahwa produk yang dijual tersebut aman untuk dikonsumsi.

Untuk pengusaha yang memiliki modal lebih dapat membuat izin BPOM, sehingga dapat mendapatkan kode MD. Kode MD (Makanan Dalam) digunakan untuk produk obat-obatan, makanan, dan minuman yang berasal dari dalam negeri.

Izin yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan lebih dikhususkan untuk produsen dengan skala usaha kecil sampai menengah, tapi akan lebih baik lagi jika mendaftarkan produk olahannya tersebut ke BPOM seperti produsen dengan skala usaha besar.

Spaze Virtual Office terletak di dua lokasi strategis di jantung kota Jakarta. Dekat dengan dua Universitas terbesar di Jakarta, restoran dan kafe dan banyak aktivitas lain yang Anda bisa lakukan. Jangan khawatir, akses transportasi untuk ke lokasi pun sangat mudah!

Spaze Virtual Office dirancang dengan lingkungan yang bersahabat untuk memberikan pengalaman yang ramah setiap hari. Misi kami adalah menjadikan Spaze tempat di mana jenis perusahaan dapat berkembang. Layanan Spaze mulai dari Virtual Office, Pendirian PT/CV, Perizinan usaha, Pendaftaran merek dan Pembuatan Kontrak termurah dan terpercaya. Bukan asal murah tapi kami memastikan usaha Anda aman, legal dan nyaman. Apapun bisnis Anda, Spaze adalah tempat yang tepat untuk Anda. Tunggu apalagi, konsultasi-kan bisnis Anda sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.